You are currently viewing LKMM FP UMY 2021

LKMM FP UMY 2021

  • Post author:
  • Post category:News

Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen PSDM BEM FP UMY. Dengan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini antara lain:

  1. Terbentuknya mahasiswa Fakultas Pertanian UMY yang berkarakter, berpikir kritis, dan berjiwa pemimpin.
  2. Membekali mahasiswa pertanian, khususnya mahasiswa angkatan 2020 dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi dan berpikir kritis
  3. Mengenali potensi diri dalam berorganisasi
  4. Memberikan kesadaran akan pentingnya berorganisasi

 

LKMM pada tahun ini berbeda dengan LKMM tahun sebelumnya. Tahun lalu, LKMM dapat diadakan secara offline. Namun, karena kondisi saat ini masih pandemi maka LKMM di tahun 2021 ini diselenggarakan secara online.

LKMM tahun ini mengangkat tema “Bentuk Mental Kembangkan Potensi Mahasiswa Handal”. Peserta dalam kegiatan LKMM ini dikhusukan kepada Mahasiswa Fakultas Pertanian  UMY Angkatan 2019 dan 2020. Dalam kegiatan ini, jumlah peserta dalam acara LKMM 2021 sebanyak 163 orang peserta.

Kegiatan LKMM ini  telah dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 20 – 21 Februari 2021 melalui Zoom Cloud Meeting. Pada hari pertama diisi dengan penjelasan empat materi yang sudah disiapkan yaitu materi kepemimpinan, keorganisasian, kemahasiswaan, dan dasar-dasar logika. Untuk materi kepemimpinan disampaikan oleh saudara Yunanto (Presma UMY), materi keorganisasian disampaikan oleh saudara Muhammad Khalid (Menteri Koordinator Kemahasiswaan BEM KM UGM), materi kemahasiswaan disampaikan oleh saudara Faisal Wisnu Aji (Kepala Bidang Kajian dan Riset ISMPI Wilayah III) dan untuk materi dasar-dasar logika disampaikan oleh  saudara Akmal Akhsan Tahir (Kepala Madrasah Digital Yogyakarta).

Sedangkan kegiatan pada hari kedua yaitu presentasi dari masing-masing kelompok FGD (Focus Group Discussion). Diskusi tersebut mengenai isu-isu pertanian (pro / kontra) yang telah didiskusikan dengan kelompok masing-masing. Hasil diskusi tersebut dipresentasikan dan dibuka sesi tanya jawab terkait pembahasan tiap isu pertanian yang telah didiskusikan.