You are currently viewing Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) 2021

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) 2021

  • Post author:
  • Post category:News

Pengembangan mahasiswa merupakan salah satu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa. Mahasiswa yang merupakan aset bangsa sangat perlu sekali untuk dibina dan dikembangkan. Sebagai generasi muda, kelangsungan pada suatu bangsa di masa yang akan datang sangat bergantung kepada mahasiswa yang ada pada saat ini. Oleh karena itu, mahasiswa perlu dibekali dengan berbagai keahlian seperti keahlian dalam bidang Kepemimpinan, Manajemen, Organisasi, dan Berpikir Logis.

Mahasiswa Indonesia khususnya Mahasiswa Pertanian harus dibekali dengan kemampuan hard skill dan soft skill. Melihat kondisi saat ini, yang menuntut mahasiswa mau tidak mau harus bisa beradaptasi dengan teknologi yang sangat cepat. Jadi, perlu rasanya ada suatu kegiatan yang diangkat untuk bisa menjawab permasalahan tersebut. Salah satu bentuk upaya untuk menjawab permasalahan tersebut dengan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM).
Mahasiswa sebagai Agent of Changes yang merupakan pionir dan tonggak dari sebuah perubahan. Pada kegiatan LKMM FP UMY tahun 2021 yang dikemas dengan tema “Membentuk Mahasiswa Pertanian yang Berintelektual, Adaptif, serta Berjiwa Pemimpin”. Maka, mahasiswa diharapkan mampu untuk menjadi penerus bangsa yang mengubah wajah dunia nantinya. Mahasiswa merupakan kaum intelektual yang harus mampu untuk berpikir kritis serta adaptif terhadap segala permasalahan yang sedang terjadi.
Dengan bekal yang diberikan di dalam LKMM ini diharapkan mahasiswa mampu menjadi insan dewasa tidak hanya menjadi pemimpin yang baik, tetapi juga mempunyai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan pembangunan dan masyarakat di masa mendatang. Kegiatan LKMM 2021 Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyyah Yogyakarta 2021 dilaksanakan secara online selama dua hari, yaitu pada hari Sabtu, 25 Desember 2021 dan Minggu, 26 Desember 2021. Kegiatan dilaksanakan menggunakan media Zoom Cloud Meeting bagi peserta dan menggunakan ruang Kelas SMP Muhammadiyah Kasihan bagi panitia. Peserta dari kegiatan ditujukan kepada mahasiswa aktif Fakultas Pertanian angkatan 2021 pada khususnya dan mahasiswa aktif Fakultas Pertanian angkatan 2020 pada umumnya.