You are currently viewing Diskusi Publik

Diskusi Publik

Kegiatan diskusi publik merupakan salah satu kegiatan dari Departemen Keilmuan dan Kajian Isu. Kegiatan diskusi publik ini diadakan dengan tujuan memberikan pengetahuan baru mengenai kerentanan sistem pangan di Indonesia serta memberikan pengetahuan baru mengenai eksploitasi sumber daya alam di Indonesia dan dampaknya terhadap krisis pangan.

Kegiatan ini telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 Februari 2021. Kegiatan dilaksanakan secara online yang dimulai pada pukul 13.00 WIB melalui media Zoom Meeting.  Kegiatan diawali dengan pembukaan dari moderator serta pembacaan CV narasumber. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan terkait topik pembahasan, yaitu pengaruh geliat alih fungsi lahan terhadap ancaman kerusakan ekologis dan krisis pangan Setelah itu diadakan sesi tanya jawab secara terbuka dengan peserta.

Pada kegiatan Diskusi Publik ini, diikuti oleh kurang lebih 33 partisipan yang terdiri dari pengurus BEM FP UMY, Mahasiswa umum dan masyarakat. Pembicara pada kegiatan ini yaitu saudara Panji Dafa Amrtajaya  (Menko Pergerakan BEM KM UGM 2020)

Dalam kegiatan ini membahas topik pengaruh geliat alih fungsi lahan terhadap ancaman kerusakan ekologis dan krisis pangan. Krisis pangan dunia akhir-akhir telah memarakkan suatu persaingan lepas kendali dan perburuan keuntungan dikalangan pemerintah maupun perusahaan-perusahaan. Gejala pengambilalihan lahan-lahan pertanian dalam sekala besar di wilayah-wilayah miskin oleh kekuatan yang lebih besar. Itu semua kcanderungan- kecenderungan yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik dan akan menghasilkan suatu petaka besar bagi kemanusiaan. Keadaan genting planet ini sekarang ini disebabkan konsumsi berlebihan, bukan oleh 80% penduduk miskin di dua per tiga belahan bumi melainkan oleh 20% penduduk kaya yang mengonsumsi 86% dari seluruh sumber daya alam dunia. Penjabaran materi disampaikan langsung oleh Panji Dafa Amrtajaya selaku narasumber