You are currently viewing Sekolah Agraria (SEGRA) “Buka Mata, Buka Suara, Pasang Telinga, Selamatkan Agraria”

Sekolah Agraria (SEGRA) “Buka Mata, Buka Suara, Pasang Telinga, Selamatkan Agraria”

  • Post author:
  • Post category:News

Pada hari Sabtu, 19 & 26 Februari 2022 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM FP UMY) telah melaksanakan kegiatan Sekolah Agraria (SEGRA). SEGRA merupakan program kerja dari Departemen Keilmuan dan Kajian Isu yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Mahasiswa Fakultas Pertanian, khususnya angkatan 2020 dan 2021 mengenai jurnalistik dan advokasi, terutama pada agraria yang dikemas dengan 4 kelas, yaitu: Kelas Advokasi, Kelas Petani Menulis, Kelas Konflik Agraria, dan Kelas Advokasi Pertanian. Sekolah Agraria ini diikuti oleh kurang lebih 45 partisipan yang terdiri dari pengurus BEM FP UMY dan Mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 2020 dan 2021. Kegiatan SEGRA dilakukan secara luring bertempat di ruangan  F5.001 Fakultas Pertanian UMY.

 

 

Pada hari Sabtu, 19 Februari 2022 diadakan Kelas Advokasi dan Kelas Petani Menulis. Kelas pertama yaitu Kelas Advokasi disampaikan oleh Shandy Herlian  Firmansyah. Setelah kelas pertama, mahasiswa diberikan waktu untuk SGD (Small Group Discussion). Kemudian dilanjutkan dengan kelas kedua yaitu Kelas Petani Menulis yang disampaikan Fajar Junaidi. Setelah kelas kedua, mahasiswa diberikan waktu untuk SGD (Small Group Discussion). Kemudian setelah itu ada ice breaking yang diberikan kepada peserta dipandu oleh MC menggunakan Quiziz.

Pada hari Sabtu, 26 Februari 2022 diadakan Kelas Konflik Agraria dan Kelas Advokasi Pertanian. Kelas ketiga yaitu Kelas Konflik Agraria disampaikan oleh Saudara Damara Gupta. Setelah kelas ketiga, mahasiswa diberikan waktu untuk SGD (Small Group Discussion). Kemudian dilanjutkan dengan kelas keempat yaitu Kelas Advokasi Pertanian yang disampaikan oleh Muhammad Fikri Rasendriya. Setelah kelas ketiga, mahasiswa diberikan waktu untuk SGD (Small Group Discussion). Dilanjut dengan FGD (Focus Group Discussion) yang dipimpin oleh Fajar Abdila dengan membawa topik kelangkaan minyak yang sedang terjadi di Indonesia. Acara terakhir, dilanjutkan dengan panggung ekspresi dari perwakilan kelompok dan perwakilan pengurus BEM FP UMY.