You are currently viewing GEBYAR AGRICULTURE

GEBYAR AGRICULTURE

  • Post author:
  • Post category:News

Gebyar Agriculture atau dapat disingkat menjadi GA merupakan program kerja terakhir Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM FP UMY). Gebyar Agriculture mengangkat tema yaitu “Menciptakan Calon Generasi Emas dalam menjawab Tantangan Pertanian di Masa Depan. Gebyar Agriculture ini telah dilakukan mulai dari bulan Desember akhir untuk pemenuhan SDM yang dibutuhkan, melalui open recruitment volunteer dari mahasiswa baru kemudian dan dilakukan persiapan selama tiga bulan terhitung dari bulan Januari 2022 sampai pelaksanaan di bulan Maret 2022. Gebyar Agriculture ini terbagi menjadi dua fokusan sasaran, dimana kegiatan E-Sport Mobile Legend dan Closing Ceremony Talkshow berfokus pada participants masyarakat umum, sedangkan Opening Ceremony dan Closing Ceremony Talkshow dilaksanakan saran internal BEM, internal GA, KM FP serta lembaga internal di UMY.

Gebyar Agriculture diadakan dengan empat kegiatan, kegiatan pertama adalah Opening Ceremony yang dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Maret 2022 di Lapangan Basket UMY. Kegiatan kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Maret 2022 yaitu perlombaan E-Sport Mobile Legend di Ceret Kita Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ketiga pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 dilaksanakan kegiatan Closing Ceremony Talkshow yang bertempat di Studio Agribisnis Gedung G4 Lt. 2. Kegiatan Talkshow ini menghadirkan pemateri Ridho Barat Samudera selaku founder samudra project dan M. Arif Rohman selaku founder ayo nandur dengan bahasan topik “Pertanian Kini Bukan Hanya Bagi Generasi Tua”. Pada hari Minggu, 27 Maret 2022 dilaksanakan kegiatan serangkaian Gebyar Agriculture yang terakhir yaitu Aksi Sosial Closing Ceremony dengan melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan konservasi mangrove Baros yang berkolaborasi dengan Komunitas Peduli Alam dan kepengurusan kawasan konservasi mangrove di Baros.

Gebyar Agriculture 2022 dilaksanakan secara offline, terkecuali untuk Closing Ceremony Talkshow dilaksanakan secara hybrid dimana peserta dan juga pemateri talkshow hadir secara online, sedangkan panitia yang bertugas melaksanakan kegiatan secara offline dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan.